Foto Pohon Jamuju yang Nyaris Punah

Libas Garut – Ketua Perkumpulan Lingkungan Anak Bangsa (Libas), Tedi Sutardi hingga saat ini terus menerus melakukan penanaman di berbagai jenis. Hal tersebut, mungkin salah satunya pohon Jamuju yang hampir atau nyaris mengalami kepunahan, di kawasan daerah di Kabupaten Garut,Jawa Barat. Minggu,(04/02/2024).

Dikatakan Tedi, selama ini dirinya bersama Libas telah mencatat ada sebanyak 1.070 tanaman di Kabupaten Garut ini terancam punah. Salah satunya, pohon Mamuju.

untuk menyelamatkan tanaman yang hampir punah, Tedi menyebut salah satunya dengan melakukan ekspedisi ke habitat alami tanaman. Kemudian menanam kembali dari induk tanaman yang tersisa.

“Status pohon Keruing diganti dari punah menjadi critical in danger sekarang,” ujarnya.

Berbagai upaya di atas, kata Tedi, diharapkan bisa membantu semakin banyak Jamuju tumbuh di Garut dan mencegah kepunahan tanaman.

“Dengan begitu, eksistensi pohon bisa terjaga,” katanya.

Pada akhirnya mempertahankan lingkaran ekosistem di habitat alaminya, sebagai upaya penyelamatan keanekaragaman hayati yang khusunya di Kabupaten Garut telah menjadi program prioritas pihaknya.

Menurutnya, presiden secara khusus telah mengeluarkan instruksi untuk pengarusutamaan kehati. Dengan adanya Instruksi tersebut juga menjabarkan peran dari berbagai pemangku kepentingan terkait dengan perlindungan, penyelamatan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk pembangunan berkelanjutan,” terang Tedi.

Dirinya mengungkapkan, bahwa Libas akan senantiasa terus menerus berkomitmen untuk mengadopsi praktik berkelanjutan, mempromosikan konservasi.

“Selain itu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehati melalui riset-riset terkait yang dilakukan para periset di Libas,” tandasnya. (Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *